Selasa, 19 Oktober 2010

Raudhah

Adalah nama tempat yang ada didalam Masjid Nabawi, yaitu antara Makam Rasul SAW dan Mimbar, luasnya sekitar 144 M² yang sekarang ditandai dengan pilar-pilar berwarna putih, lantainya dihiasi permadani wool yang cantik dan unik. Raudah juga disebut taman surga berdasarkan pada hadits Nabi SAW yang bunyinya ;
“Diantara rumahku dan mimbarku adalah sebagian taman surga.” (Muttafaqun ‘Alaih)
Pengertian Raudah sebagai ‘taman surga’ pada hadis di atas terdapat beberapa pendapat para ahli, antara lain adalah sebagai berikut :
Bahwa Allah SWT menurunkan rahmatNya dan berbagai kebahagian ditempat itu, karena di tempat itu dilakukan zikir dan ritual kepada Allah SWT, yang karenanya tentu saja dijanjikan surga.
Tempat itu kelak setelah kiamat benar-benar akan dipindahkan oleh Allah SWT ke surga, hingga ia menjadi bagian dari taman surga yang hakiki.

Orang-orang yang pernah berdo’a di Raudah akan melihatnya di surga.

LUAS RAUDAH
Adalah 22 meter x 15 meter, yakni jarak antara rumah Nabi dan mimbarnya kurang lebih 22 meter dan panjang ke belakang kurang lebih 15 meter.
TEMPAT MUSTAJAB
Raudah adalah salah satu tempat yang makbul untuk berdo’a, jika ingin shalat di Raudah jamaah harus bangun jam 03.00 pagi, tempat ini menjadi rebutan bagi kaum pria untuk shalat fardhu. Untuk wanita diberi kesempatan untuk shalat sunat pada waktu shalat Dhuha sampai menjelang waktu shalat Zuhur.
SHALAT DI RAUDAH

Jamaah Pria yang ingin melaksanakan shalat Zuhur dianjurkan untuk datang jam 11 siang, karena bertepatan waktu pemakaian tempat untuk wanita selesai dan sekat-sekat pemisah dibuka kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar